Rabu, 10 April 2013

Hobi Baru: Membaca :)


Sejak kapan aku suka membaca buku fiksi dan novel? Sejak kapan aku selalu bolak-balik perpustakaan sekolah hanya untuk meminjam buku dan membacanya?
Pertanyaan itu selalu menggelayuti otakku. Sebenarnya aku malas menjawab pertanyaan ku sendiri. Tapi, yasudah aku jawab saja, tentunya dengan jawaban yang menjijikan. Maksudku, dengan jawaban sekenanya saja. “oh, mungkin lagi iseng”. “oh, mungkin lagi nyari perhatian orang”. “oh, mungkin biar kelihatan pintar”. Yaa, begitulah jawaban ku. Jawaban yang sangat klise.
Tapi, setelah berhari-hari, berminggu-minggu. Aku murni memiliki hobi membaca. Entah dari mana datangnya. Aku tidak tau, dan ngga mau tau.
Ternyata membaca itu asyik, membaca itu bermanfaat, membaca itu banyak mengandung pengetahuan. Iya, aku tau. Dan aku baru sadar akan hal itu. Dibenakku juga terlintas kepada para penulis yang dibaca bukunya olehku. “ wahh hebat sekali orang ini”. “ aku suka dengan gaya dia bercerita, ringan dan mudah dimengerti”. “aku ingin seperti penulis ini. Bisa menulis. Bisa di baca oleh orang lain. Dan tentunya dia mengagumi tulisanku, seperti aku mengegumi mereka para penulis handal dan cerdas”.
Aku selalu melontarkan kalimat-kalimat itu kepada buku yang aku baca. Sesekali aku berimajinasi bahwa aku kelak akan seperti mereka. Waaah.. aku terhanyut didalamnya. Didalam imajinasiku sendiri. Betapa bahagianya jikalau aku bisa menulis. Menulis yang bisa membuat orang-orang kagum terhadap tulisan yang aku tulis. Dan aku dipandang dengan sebegitu cantiknya. Dan aku dianggap sebegitu hebatnya. Dan aku dirasa sebegitu pintarnya. Sudahlah! Aku sudah menghayal jauh sekali. Walaupun didunia ini ngga ada yang ngga mungkin. Ya, aku percaya itu.
Sampai pada akhirnya, hari-hariku selalu ditemani oleh buku-buku yang tak bernyawa itu. Dikelaspun. Aku menjadi manusia aneh. Maksudku, teman-temanku banyak yang bilang aku aneh karena terus dijejali oleh bacaan-bacaan yang membuatku sering diam duduk manis sambil membaca buku. Ketimbang aku terus berkoar-koar menggosipkan orang-orang dihadapan mereka. Dan, itu sama sekali ngga penting. Hanya menghabiskan energy dan oksigen saja. Dan itu tidak baik bagi kesehatan. Entahlah, aku tidak tau!
Ternyata, nggak hanya disekolah. Dirumahpun begitu. Aku memilih untuk selalu didalam kamar. Berlama-lama didalamnya. Sampai lupa makan. Lupa agenda harian. Dan tentu saja, lupa mandi. Tapi, tunggu dulu tunggu dulu, bukannya aku selalu begitu. Selalu lupa mandi. Dan akan mandi kalau sudah merasakan gatal-gatal disekujur tubuhku. Sialan! Perawan macam apa aku ini. Hahahaha.. sudahlah, lupakan!
Aku senang mempunyai hobi baru yaitu membaca. Setidaknya banyak pengetahuan yang aku telan dalam memory otakku. Bukannya orang yang sering dan suka membaca adalah orang hebat. Tentu saja. Orang yang berbahaya akan pengetahuannya tersebut. Hebat bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar